RANGKUMAN BAB 1 INFORMATIKA RADEN KRISNA ATHA NANDISVARA

 Raden Krisna Atha Nandisvara 8B (27)

1. Internet adalah suatu sistem jaringan interkoneksi yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia melalui protokol TCP/IP.

2. Komputer tersebar dalam jaringan, ada berupa jaringan lokal (LAN), jaringan kota (MAN), dan wilayah tertentu (WAN).

3. Pengguna Internet dapat mengakses segala informasi di internet dengan jumlah yang tidak terbatas.

4. Internet menjadi salah satu pemicu Globalisasi, karena kejadian yang terjadi di suatu negara dapat langsung diketahui oleh belahan negara lain dalam hitungan detik.

5. Dalam Jaringan komputer, terdapat komputer server dan beberapa komputer klien. Berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada di dalam jaringan .

6. Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa sumber daya pelengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya data, file-file, dan program.

7. Jaringan komputer juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi, contoh untuk membagikan file dan komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Jaringan kabel & Jaringan Nirkabel/Wireless ( Dihubungkan menggunakan gelombang elektromagnetik).

8. Jaringan Nirkabel juga memiliki kelemahan karena data yang dikirimkan melalui jaringan tersebut rawan terhadap penyadapan. Jaringan Nirkabel sudah dilengkapi dengan WEP key (Wired Equivalent Privacy). Tetapi sistem WEP sangat mudah dipecahkan sehingga data yang sudah dienskripsi bisa dibaca lagi oleh penyadap.

9. Kecepatan akses Internet juga dikenal dengan istilah kecepatan transfer data, kecepatan koneksi, atau lebar Bandwith, diukur dengan besar data yang dapat dilewatkan melalui jaringan dalam satuan waktu. Besar data yang dilewatkan melalui jaringan diukur dengan satuan bit. Bit berasal dari kata binary digits. Kecepatan transfer data dibagi menjadi tiga, yaitu : Gbps (GB per sekon), Mbps (Mb per sekon) & Kbps (KB per sekon).

10. Berbagai Jenis Aplikasi di Internet :
Internet mempunyai berbagai aplikasi, seperti Internet Relay Chat (IRC) yang biasanya untuk chatting dll, File Transfer Protocol (FPC) untuk mengakses satu file melalui satu server.

11. Beberapa Aplikasi Internet yang paling populer digunakan :
 
A.) Discussion Board & Newsboard 
 Aplikasi internet yang biasanya digunakan pengguna untuk  berkomunikasi dengan pengguna lainya dalam sebuah forum. Biasanya mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama dan membahas topik tertentu.

B.) World Wide Web (WWW) 
Aplikasi yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam bentuk dokumen yang disebut halaman web. Aplikasi ini dapat menyimpan berbagai bentuk dokumen serta merupakan media yang kaya karena dapat memuat informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan gambar yang bergerak. Dokumen tersebut menggunakan Format Hypertext & Hypermedia dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML).

C.) Email :
Email adalah Aplikasi Internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Email dapat dikirimkan dan sampai di penerima dalam waktu yang singkat & gratis (Butuh Internet).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Bab 4

Liburan di Era Pandemi

INVITA